Jam

komponen komputer

5:21 AM |

DASAR-Dasar KOMPONEN KOMPUTER

komponn dalam komputer terbagi menjadi 2,antara lain:
1. Peralatan Input
Peralatan Input atau peralatan masukan yaitu pealatan yang berfungsi untuk memasukan data atau program dan mengirimkan data atau program tersebut dalam bentuk data digital yang akan diproses oleh komputer.
Beberapa peralatan input yang umum digunakan antara lain:

* Keyboard merupakan perangkat yang memiliki tombol mirip dengan mesin tik dan beberapa tombol tambahan dengan berbagai fungsi.

* Mouse merupakan peralatan masukan yang berfungsi untuk menggerakan pointer di layar untuk menjalankan icon perintah atau program yang tampil pada layar monitor

* Floppy Disk Drive Merupakan peralatan masukan yang berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpan data flopy disk (Disket). Alat ini juga dapat berfungsi untuk menulis atau merekam data ke dalam disket.

* Scaner berfungsi untuk mentransfer atau mengkonversi gambar, foto, text manual menjadi data digital sehingga dapat dimengerti oleh komputer.

*CD ROM berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpan data CD (Compac Disk)

*DVD ROM berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpan data baik CD atau DVD

2. peralatan output
Peralatan Output atau peralatan keluaran yaitu peralatan yang berfungsi untuk menampilkan data, instruksi dan informasi dalam bentuk teks dan grafik atau gambar. Beberapa peralatan output.yang umum digunakan antara lain:

*Monitor yaitu peralatan keluaran yang berfungsi untuk menampilkan data, instruksi dan informasi dalam bentuk teks dan grafik atau gambar di layar monitor.

*Printer yaitu peralatan keluaran yang digunakan untuk mencetak data/informasi dari komputer dengan kertas.

*Speaker Yaitu peralatan output untuk menghasilkan atau mengeluarkan efek suara dari komputer.

0 comments:

Post a Comment